Jumat, 23 Mei 2014

Cake Kukus Pandan Gluten Free

Seharian kemarin hobi memasak saya kumat, mulai pagi sampai sore hari ublek di dapur padahal ngga ada pesanan buku kuliner ataupun pesanan makanan.  Semua murni karena rasa rindu saya ublek ublek.. hehehe..

Kali ini temanya adalah cake kukus bebas gluten.  Nah resep ini bisa jadi rekomendasi buat mereka yang tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten tinggi.  Tapi sebenernya cocok buat siapa saja sih..

Suatu hari seorang teman bertanya, " mba bagaimana bikin cake enak, hemat tapi tak mengandung baking powder atau soda kue? saya alergi dengan bahan pengembang tersebut"
Hmm.. putar otak deh, saat itu lagi tren eggless cake tapi sayangnya rata-rata pakai BPSK.  terus terang selama ini saya kurang tertarik di bakery, lebih suka ke masakan.  Tapi rasa penasaran akhirnya mendorong saya untuk utak atik resep.  Kebiasaan jelek saya adalah saya suka bereksperimen dalam masakan, kadang kala tidak suka pakai aturan yang saklek.  Nah suatu hari seorang tetangga mengantarkan sepiring cake kukus yang terbuat dari ketan hitam, tanya-tanya resepnya akhirnya saya tertarik untuk membuat cake sejenis dari tepung beras dengan menggunakan sedikit telur dan tanpa bahan pengembang buatan.  jadilah dia..Cake Kukus Pandan Gluten Free


Mau ikutan buat??  Hayuukk

Bahan :
100 gr tepung beras
100 gr gula pasir
2 butir telur
50 ml minyak goreng
2 sdm susu bubuk
 3 tetes pasta pandan
vanili secukupnya
Cara membuat
  1. ayak tepung beras, vanili dan susu bubuk bersamaan
  2. kocok telur dan gula hingga mengembang dan berwarna putih
  3. masukkan minyak goreng dan tepung bergantian sambil diaduk secara perlahan (ingat..ngaduknya harus satu arah yaa.. biar tidak bantat)
  4. bagi adonan menjadi dua bagian.  Kemiduan beri pasta pandan pada satu bagiannya, sisanya biarkan polos
  5. olesi loyang dengan margarin dan taburi sedikit tepung lalu tepuk-tepuk loyang hingga tepung jatuh
  6. tuang adonan ke dalam loyang bergantian
  7. kukus adonan hingga matang dan mengembang (kurang lebih 10 menit)

Yummy lohh.. so soft dan harum.. echoh tenann!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

ASUS OLED WRITING Competition

atau

Intellifluence

Intellifluence Trusted Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Part of BloggerHub

Total Absen


Pengikut